<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d2088782634436562457\x26blogName\x3dBelajar+Mengungkapkan+Kata+Dalam+Tulisan\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://armeink.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3din\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://armeink.blogspot.com/\x26vt\x3d7121805960237238141', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Rabu, 29 Oktober 2008

Krisis Ekonomi

Janji menulis secara rutin dalam blog ternyata tercederai, sejak tanggal 17 September 2008, tidak menulis lagi padahal baru 4 artikel dibuat. Tidak terasa sudah ahir bulan Oktober 2008, banyak peristiwa menarik yang terjadi. Katakanlah sejak akhir ramdhan peristiwa mudik menjadi berita utama, mulai jumlah korban kecelakaan, kemacetan, mudik dengan sepeda motor yang dari tahun ketahun meningkat, harga kebutuhan pokok naik dan sebaginya.

Cerita lebaran dengan mudiknya, banyak dihiasi dengan kegembiraan dan tidak nampak ada sesuatu yang memprihatinkan, tiba-tiba kejadian yang sangat fundamental bagi kehidupan diberitakan dengan bertubi-tubi yaitu adanya krisis perekonomian yang melanda Amerika Serikat, yang imbasnya Negara-negara diseluruh dunia, termasuk Indonesia

Bagi Indonesia berita tentang kritis dimulai Bursa Efek Indonesia, Indeks Harga Saham Gabungan menurun tajam, kemudian otoritas memberhentikan perdagangan. Nilai rupiah turun, harga minyak mentah turun, ekspor menurun, perbankan menaikan suku bunga serta menahan kucuran kreditnya dsb. Orang kemudian terhenyak, karena ujung2 nya dari semua ini adalah adanya PHK terhadap Pekerja, sesuatu yang tidak diharapkan, namun siapa dapat menghindari.

Hari-hari ini orang-orang mengamati dengan harap-harap cemas situasi perekonomian apakah membaik atau malah memburuk. Apakah perekonomian Indonesia kuat atau tidak? Krisis ekonomi tahun 1998 yang menimpa Asia, telah memporak porandakan perekonomian Indonesia, sekarang Amerika Serikat krisis ekonomi yang berakibat keseluruh dunia. Konon kabarnya pada waktu krisis di Asia 1998, Indonesia masih bisa mencari pasar ekspor ke benua atau kawasan lain, namun krisis perekonomian sekarang melanda dunia, kemanakah Indonesia akan mencari pasar ekspornya?.

Semoga ahli ekonomi menemukan jalan keluarnya, dan fundamental eknomi Indonesia betul-betul dalam keadan yang kuat, sehingga hal-hal yang tidak diharapkan tidak terjadi, kasihan banyak rakyat yang menderita.