<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d2088782634436562457\x26blogName\x3dBelajar+Mengungkapkan+Kata+Dalam+Tulisan\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://armeink.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3din\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://armeink.blogspot.com/\x26vt\x3d7121805960237238141', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Selasa, 26 Agustus 2008

Menjelang Ramadhan

Seminggu menjelang ramadhan sudah terasa ada perubahan suasana, orang sudah mulai membicarakan, mempersiapkan bulan suci Ramadhan. Namun suasana yang menjengkelkan bagi masyarakat banyak adalah naiknya harga-harga kebutuhan pokok, tanpa pemerintah dapat mencegah kenaikan harga-harga tersebut. Malah Pertamina menaikan harga gas elpigi 12 kg mulai hari senin kemarin.

Sebagai muslim, persiapan menghadapi ramadhan yang pertama adalah, apakah shaum tahun lalu yang tertinggal sudah dibayar? Jika belum dibayar maka masih ada waktu untuk membayar kekurangan shaum yang lalu. Kemudian langkah selanjutnya adalah mencek kesehatan. Apabila mengidap penyakit, maka konsultasikan ke dokter, apakah dimungkinkan shaum tahun ini, apa persiapannya, bagaimana mengenai obatnya, jika semuanya O.K Alhamdulillah.

Masjid dan musholla mungkin sejak 3 bulan yang lalu sudah berbenah dengan mencat ulang tembok, membersihkan tempat wudhu, menservice sound system, atau mungkin mengganti karpet seperti yang dilakukan di komplek rumah ku. Kemudian membentuk Panitia Ramadhan dengan tugas menyiapkan sholat tarawih, imam tarawih, buka puasa bersama, zakat fitrah dsb. Kerja panitia selama sebulan penuh.

Begitu pula di pusat perbelanjaan maupun toko-toko yang menyediakan 9 bahan pokok, mereka sudah mempersiapkannya mungkin sejak 3 bulan yang lalu. Kita bisa melihat sudah mulai dipajang stok barang yang berkaitan dengan bulan suci Ramadhan serta barang untuk persiapan lebaran nanti.

Walaupun beban kebutuhan hidup makin memberatkan, namun sebagai muslim itu harus dianggap sebagai ujian dan tidak menjadi beban. Nah kemudian kita tinggal focus saja dan ada baiknya kita mempersiapkan mental menghadapi bulan Ramadhan ini dengan mulai bangun malam layaknya kita sahur, kita bisa berzikir atau tadarus dan bisa juga melaksanakan sholat malam. Sehingga ketika masuk bulan Ramadhan kita telah siap lahir bathin untuk melaksanakan shaum beserta amalan-amalan Ramadhan lainnya.

Marhaban Yaa Ramadhan