<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d2088782634436562457\x26blogName\x3dBelajar+Mengungkapkan+Kata+Dalam+Tulisan\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://armeink.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3din\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://armeink.blogspot.com/\x26vt\x3d7121805960237238141', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Sabtu, 20 Desember 2008

Biopori dan Penghijauan

Beberapa waktu yang lalu, di komplek kediamanku dilakukan penghijauan sekaligus memperkenalkan pembuatan lubang biopori kepada warga sekitar. Kegiatan itu diprakarsai salah seorang warga bekerjasama dengan PT. Indosat. Maksud dan tujuan kegiatan itu untuk menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian alam dan lingkungan. Dalam kegiatan ini PT. Indosat menerjunkan tenaga terlatih untuk membantu warga dalam pembuatan lubang biopori yang benar. Kegiatan semacam ini disamping untuk memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya penghijauan juga sebagai upaya mencegah banjir.

Menurut pengertiannya biopori adalah lubang-lubang yang terdapat dalam tanah yang terbentuk akibat berbagai aktifitas organisme seperti cacing, akar pohon yang menjalar, rayap dan fauna tanah lainnya. Lubang-lubang itu berfungsi untuk menyerap air serta menyuplai oksigen ke dalam tanah, sehingga air yang jatuh ketanah dapat langsung meresap sehingga terhindar dari banjir.

Cara pembuatan biopori sangat sederhana, yakni lubang yang telah digali lantas diisi dengan bahan organik, seperti sampah rumah tangga, daun kering serta limbah organik sejenisnya. Sampah atau limbah inilah yang kemudian digunakan organisme tanah, sebagai zat makanan sehingga aktifitas mereka meningkat untuk membentuk biopori lainnya. Sedangkan upaya penghijauan dilakukan dengan penanaman pohon-pohon keras seperti rambutan, belimbing, durian, jambu dan sukun. Bibit pohon maupun peralatan pembuatan biopori disediakan oleh Indosat.

Lubang biopori yang berhasil dibuat pada saat itu lebih kurang 30 buah yang tersebar di beberapa titik diantaranya di sekitar Musholla, ruang publik, hingga beberapa rumah warga yang bersedia halamannya dibuatkan biopori.

Memang kegiatan ini dilakukan masih dalam lingkup skala kecil, namun apabila dilakukan meluas dengan melibatkan warga masyarakat secara keseluruhan, tentunya akan memberikan dampak yang cukup signifikan dalam penanggulangan masalah banjir. Apakah anda tertarik melakukannya?